Kolaborasi Kegiatan Pembagian Masker

Kolaborasi Kegiatan Pembagian Masker Kepada Masyarakat Wilayah Kelurahan Telawang

Senin, 09 Oktober 2023, Kolaborasi Kegiatan Bersama Polsek Banjarmasin Barat dan Mitra-mitra Kelurahan Telawang terkait Pembagian Masker kepada Masyarakat dalam Rangka Antisipasi Dampak dari Kabut Asap yang disebabkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) yang Terjadi di Kota Banjarmasin.

Kebakaran Hutan dan Lahan yang Terjadi di beberapa titik di Kota Banjarmasin menyebabkan Kabut Asap yang semakin meluas sehingga dampaknya telah dirasakan oleh Masyarakat.

Berbagai dampak yang mungkin ditimbulkan oleh kabut asap ini yaitu Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Diare iritasi kulit dan lain-lain.

Lurah Telawang menuturkan bahwa “mengucapkan Terimakasih Kepada Kawan-Kawan Kepolisian khususnya Polsek Banjarmasin Barat dalam hal ini mengadakan Pembagian Masker kepada Masyarakat Kelurahan Telawang ini sangat membantu sekali untuk masyarakat yang mana saat ini kabut asab yang telah melanda di Kota Banjarmasin pada khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan yang mana di Rumah Sakit terjadi peningkatan kasus ISPA. Mudah-mudahan pada pembagian masker ini masyarakat kita terhindar dari penyakit ISPA”.

Lurah Telawang menuturkan harapan dalam kegiatan ini “harapan dari kegiatan ini bukan hanya di lingkungan Kelurahan Telawang saja mungkin di seluruh Kota Banjarmasin yang mana untuk membantu masyarakat kita agar sadar terkait kesehatan kita terutama masalah ISPA itu sendiri”.

Dalam kondisi kabut asap yang telah melanda yuk jaga kesehatan dengan :
1. Selalu menggunakan masker ketika berada atau beraktivitas di luar ruangan/gedung;
2. Mengurangi aktivitas di luar ruangan khususnya bagi kelompok yang beresiko tinggih terhadap polusi udara seperti bayi, balita, ibu hamil dan lansia;
3. Menutup Ventilasi rumah/kantor/sekolah/tempat umum disaat polusi udara yang tinggi;
4. Hentikan membakar sampah yang beresiko menimbulkan kebakaran atau menimbulkan kabut asap;
5. Menutup sumur, drum, bak penampungan air yang dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga agar tidak tercemar debu dan asap;
6. Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, tingkatkan asupan makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup;
7. Segera konsultasi/ berobat ke fasilitas kesehatan terdekat jika terjadi keluhan sistem pernafasan seperti batuk, pilek sesak nafas dan lain-lain.

























Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama