Sejarah Berdirinya Kelurahan Telawang

Sejarah Berdirinya Kelurahan Telawang

        Kelurahan Telawang pada mulanya merupakan bagian dari Kampung Teluk Tiram. Sekarang KampungTeluk Tiram dibagi menjadi 2 (dua ) menjadi yaitu Kampung Wilayah Teluk Tiram Laut dan Teluk Tiram Darat  yang dibatasi oleh Tugu Pembagian wilayah. Sebelum berdiri mencakup wilayah Jl.Teluk Tiram, Jl. Dahlia, Jl. Nagasari, Jl. Mawar sebagian dan Jl. Haryono. MT, kemudian selang beberapa Tahun berdiri Balai Desa yang di pimpin oleh seorang Kepala Desa(Pembakal) yang pertama di pimpin oleh Pembakal / Kepala Desa M. Mukri.M, tepatnya Tanggal 09 Juli 1976, Balai Desa diresmikan oleh Bapak Walikota Komaruddin. Sekarang Kelurahan Telawang telah berkiprah selama ± 42 Tahun, berkantor di Jl. Teluk Tiram Darat RT.07 RW.01 Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin.      
                Penduduk Kelurahan Telawang merupakan penduduk yang heterogen  terdiri dari berbagai suku dan agama, hal ini disebabkan wilayah Telawang memiliki potensi berkembang dekat dengan kawasan Sungai martapura. Perekonomian masyarakat yaitu ada 2 (dua) Pasar Besar tradisional yaitu pasar swasta Teluk Tiram laut dan Pasar Telawang/Pasar rambai.Kesemuanya itu telah menyerap tenaga kerja baik dari penduduk Kelurahan Telawang sendiri maupun pendatang yang datang dari luar Kota Banjarmasin.

Adapun yang menjabat  Lurah sebagai berikut :

NO
NAMA PEJABAT
JABATAN
MASA JABATAN
NAMA WILAYAH
1
2
3
4
5
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.



14.
MUKRI. M
DARMAWAN IBAK
ABDURRAHMAN
RAFII HASAN
ANANG MANSYAH
ABDUL MUKDI
M. KHAIRUL SALEH
ABDUL SALEH
A. BUGDADI
PUJI YAHADI, SH
JAHRI, SE
FIRMAN SYAHRIAL
MAJIDAH



MUCHLAN,SE.M.Pd
Kepala Desa
Lurah
Lurah
Lurah
Lurah
Lurah
Plt. Lurah
Lurah
Lurah
Lurah
Lurah
Lurah
Plt. Lurah



Lurah
1976 -  1984
1984 – 1987
1987 – 1989
1989 – 2001
2001 – 2003
2003 – 2006
2006 – Bln Des
2006 – 2007
2007 – 2010
2010 – 2013
2013 – 2016
2017 –2019 Jan
2019 Jan -31 Juli 2019
2019 Agust -Skrng
Desa Teluk Tiram
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang
Kel Telawang


Kel. Telawang

Geografis Kelurahan Telawang:
-          Karakteristik lahan zone pasang surut 
-          Ketinggian tempat 0,16 M diatas permukaan air laut ( dpl )
-          Kemiringan lahan < 8 %
-          Kedalaman lapisan atas tanah < 1,5 m
-          PH tanah 5,5 – 6
-          Kesuburan tanah sedang
-          Suhu berkisar 21 ·C s/d 35 ·C 
-                      Curah hujan rata-rata 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa jumlah bulan basah 7 – 9 bulan kering 3 -5,dengan demikian mencerminkan bahwa peredaran musim hujan lebih panjang dari pada musin kemarau, menurut Smith dan Fergusoon kondisi iklim dikatagorikan dalam tipe iklim D.

Luas wilayah Kelurahan Telawang : 32, 24 Ha, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
·         Sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Kertak baru Ilir Kecamatan Banjarmasin Tengah
·         Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Teluk Tiram
·         Sebelah timur berbatasan dengan sungai Martapura
·         Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Basirih dan Kelurahan Mawar

Sesuai dengan kedudukan dan fungsinya maka Pemerintah Kelurahan Telawang berperan sebagai Motivator, Dinamisator dan Fasilitator Kegiatan pembangunan disegala bidang di wilayahnya. Dalam pelaksanaan tugas berusaha menjembatani penyampaian aspirasi masyarakat yang timbul dengan berusaha menciptakan hubungan yang harmonis seluruh elemen dan sumber daya yang ada antara pemerintah, masyarakat dan sector swasta agar menjadi satu kesatuan yang utuh kuat dan berpotensi menjadi penggerak pembangunan yang dinamis berkesinambungan. Disinilah peran pemerintah berupaya menumbuhkan rasa memiliki dan mempunyai semangat gotong royong sehingga menjadi satu asset pembangunan yang selaras dan serasi dengan lingkungannya.
Dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kelurahan Telawang sangat memperhatikan peran aktif dan swadaya masyarakat, agar masyarakat Kelurahan Telawang berangsur-angsur menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga yang baik dan taat sehingga bukan hanya sebagai objek tetapi bisa menjadi subjek didalam pembangunan, hal ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi dan swadaya masyarakat, terpantau dari ketaatan dalam kewajiban membayar PBB, Pembangunan/Rehab RumahIbadah, Pembangunan Fasilitas Umum seperti Posyandu, Kelompok Informasi Masyarakat, Pos Kamling, dan lain-lain, meningkatnya Organisasi Perempuan dan kepemudaan, tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan gotong rotong menjaga kebersihan lingkungan, meningkatnya permintaan pelayanan dari masyarakat ke Kelurahan seperti pembuatan KTP dan Kartu Keluarga serta surat-surat lainnya, hal ini menunjukan kesadaran masyarakat taat dan patuh terhadapa aturan yang berlaku.

B. VISI DAN MISI
Visi Kelurahan Telawang
  • Menciptakan pelayanan yang optimal pada masyarakat
  • Menciptakan kawasan hijau atau lingkungan bersih dan sehat
  • Menciptakan lingkungan yang agamis dan kondusif

Misi Kelurahan TelawanG
  •  Meningkatkan sumber daya manusia aparatur kelurahan dalam hal pelayanan
  • Aparat atau petugas kelurahan bekerja sesuai dengan tupoksi yang ada dan menjalankan pada yang berlaku serta menjalankan dengan hati nurani yang tulus.
  • Meningkatkan kinerja petugas kelurahan dalam bermasyarakat serta memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang lingkungan bersih dan sehat
  • Meningkatkan pendayagunaan sumber daya manusia dan potensi sumber daya alam.
  • Meningkatkan kesadaran hukum, keamanan, ketertiban serta budaya hidup bersih dan sehat.
  • Meningkatkan partisipasi dukungan masyarakat dalam setiap Pembangunan di kelurahan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama